Sidang S1 kompre paket 3 Gunadarma

Andri Wijaya | Friday, January 11, 2013 | 06:48
Selamat Pagi…

Perkenalkan, bagi yang belum tau gue adalah salah satu mahasiswa kelas malam (kelas karyawan) Univ. Gunadarma angkatan 2008 jurusan Sistem Informasi.

Sedikit cerita tentang pengalaman sidang S1 kompre paket 3 gunadarma, yang kebetulan gue dapat jadwal tanggal 29 Desember 2012 kemarin.

Tanggal 29 Oktober 2012 kemarin gue daftar sidang S1 kompre untuk paket 3 (mata kuliah: IMK, APSI dan SBD 2), sebenarnya dari September semua persyaratan sudah selesai untuk pendaftaran sidang namun karena dasarnya orang sibuk jadi Oktober baru daftar sidang (baca: alibi).

Setelah daftar dan terima form jadwal sidang, ternyata rejeki dan takdir gue adalah sidang di tanggal 29 Desember 2012 tepatnya hari sabtu dan 3 hari menjelang hari lahir gue, sedikit promosi hehehe…

Gue mempunyai waktu yang cukup banyak untuk mempelajari 3 mata kuliah tersebut, namun karena beberapa faktor, salah satunya karena faktor pekerjaan dan faktor kemalasan juga, akhirnya pada bulan Desember baru mulai ngebut belajar tepatnya seminggu sebelum tanggal sidang.

Pada tanggal 22-25 Desember 2012 kebetulan libur, sehingga gue beneran kebut-kebutan belajar di tanggal itu mulai dari baca semua materi, hingga merangkum untuk  materi 3 mata kuliah itu. Gue seperti orang stress, makan jadi ga teratur, tidur ga teratur.


Ga terasa sudah masuk di tanggal 28 Desember, hari terakhir untuk belajar . Di hari ini tambah ngebut saja gue belajarnya, mulai dari nulis apa yang telah gue rangkum dan dengan doping susu cap beruang tentunya.

Dan akhirnya tibalah tanggal 29 Desember, waktunya untuk berjuang. Gue berangkat dari rumah jam 05.00 dalam keadaan sedikit gerimis dan sampe tempat jam 05:45 pintu kampus belum di buka, otomatis gue buka rangkuman yang sudah gue buat. Dan ternyata ketinggalan di rumah karena terburu-buru berangkatnya, ya sudah Lillahita’ala saja.

Pintu kampus akhirnya dibuka dan kegiatan yang pertama adalah foto, foto untuk album kenangan, tipsnya adalah langsung antri saja di depan biar ga kebagian antri yang belakang, soalnya kalau sudah kebagian di belakang pasti bakalan stress nunggu antrian karena yang di sidang saat itu lebih dari 200 mahasiswa.

Setelah foto selesai, kita di arahin ke lantai 5 untuk briefing, disini kita akan di arahkan kapan ijasah jadi, bagaimaina cara ambilnya dan disini kita dibagi untuk penguji dan di lantai berapa kita akan sidang. Tips nya, duduk di depan dan dengarkan baik-baik apa yang di omongin oleh panitia sidang.

Setelah briefing selesai kita kumpulan form foto, fotocopy ijasah sma/smk dan foto copy KTP. Kita akan dapat surat sidang + daftar penguji pada saat pengumpulan data itu, kemudian kita akan dikasih tau dimana lantai kita akan di sidang. Sekali lagi DEGARKAN BAIK-BAIK, karena tidak akan di ulang lagi pembacaan lantainya.

Setelah dapat surat sidang dan ternyata rejeki saya ada di lantai 3, nama penguji saya adalah: Ibu Metty Mustikasari, Skom., Msc untuk IMK, Ibu Marliza Ganefi Gumay, Skom.,MM untuk Basis Data 2 dan Bpk. Irwan Bastian, Skom, MM.

Akhirnya gue turun ke lantai 3, gue dapat giliran nomor 5 karena sedikit telat datang di banding dengan yang lainnya. Dalam penantian itu gue banyak-banyak doa dan shalawat karena beneran saat itu pikiran itu berat sekali, serasa di timpa beras sekarung dan benar sudah ga singkron antara raga dan pikiran.

Peserta sidang yang pertama yang keluar keliahatan stress benget mukanya, tapi gue tetap berusaha tenang dan tetap banyak-banyak doa. Gue nunggu sekitar satu jam, kira-kira jam 11 baru di panggil dan gue langsung masuk ruang eksekusi.

Pertama kali IMK oleh Ibu : Ibu Metty Mustikasari, Skom., Msc. Ibu Metty

M: Ibu Metty G: Gue

M: IMK itu apa sih?
G: IMK adalah suatu ilmu yang mempelari tentang bagaimana manusia dan computer saling berinteraksi dalam menyelesaikan suatu tugas dan bagaimana sistem yang interaktif itu dibuat.
M: User Interface itu apa?
G: Merupakan bentuk tampilan grafis yang berhubungan langsung dengan pengguna (user). Berfungsi untuk menghubungkan antara pengguna dengan computer
M: Interface yang baik itu yang kayak gimana?
G: bukan hanya berpenampilan bagus tetapi yang mencangkung semua konsep, kebutuhan user untuk mengetahui sistem computer, dan harus dibuat terinstergrasi ke seluruh sistem
M: Ilmu2 yang terlibat dalam IMK apa saja?
G: (Gue lancar nih jawabnya, karena sudah nempel banget)
M: Nah, kalau hubungannya denga faktor psikology apa?
G: pengguna sendiri mempunyai sifat yang beraneka ragam sehingga sebagai para perancang sistem IMK juga harus mempelajari aspek psikologi (disini jawaban gue aga ga nyambung tapi ditambahin sama Ibu Metty)
M: Kamu tau paradigma?
G: Tau bu, paradigma itu adalah metode utama untuk menyelesaikan suatu tujuan
M: Apa saja itu, bisa di sebutkan dan di jelaskan?
G: (Gue lancar nih jawabnya, karena sudah nempel banget)
M: Nah, bisa di jelaskan Metaphor itu apa?
G: Metapora telah cukup sukses digunakan untuk mengajari konsep baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya. Contohnya: Spreadsheeet adalah metapora dari Accounting dan Financial Modelling
M: Kamu tau Ergonomy?
G: Tau bu, Ergonomi adalah ilmu yang memanfaatkan informasi-informasi mengenai sifat, kemampuan dan keterbatasan manusia dalam rangka membuat sistem kerja yang ENASE.
M: Contohnya apa saja?
G: Contohnya penataan alat kerja, kemudian untuk interface nya adalah penganturan kontrok pada computer, contohnya pemilihan warna, tata letak, contras dll.
M: Kamu tau Usability?
G: Tau bu, usability adalah pemaksimalan penggunaan sistem oleh pengguna
M: Apa saja prinsipnya?
G: Gue jawab dan jelaskan lancar.
M: Kamu belajar prototyping?
G: Belajar bu, tapi sedikit (sambil senyum)
M: Coba jelaskan dan pendekatannya apa saja?
G: Gue jawab lanjar nih, tapi ada beberapa poin yang gue lupa tapi akhirnya dibantu sama Ibu Metty
M: Prinsip-prinsip IMK itu apa saja sih?
G: Gue jawab lancar nih, tapi yang terakhir lupa dan akhirnya di bantuk lagi sama Ibu Metty :d
M: Coba beri contoh penerapan IMK dalam kehidupan sehari-hari dan jelaskan IMK nya dimana
G: ATM, atm itu menggunakn IMK tipe interaksi menu yaitu kita berinteraksi dengan memilih menu yang ada didalamnya dll.
M: Sudah, dari saya cukup.

Kemudian langsung ke Basis Data 2 oleh ibu Ibu Marliza Ganefi Gumay, Skom.,MM

M: Ibu Marliza G: Gue

M: Basis data itu apa sih?
G: Basis data itua dalah kumpulan file yang saling berelasi dan diorganisasi pada suatu media penyimpanan
M: Kamu sudah kerja?
G: Sudah Bu,
M: Basis data relational itu apa?
G: Basis Data Relasional yang terdiri atas baris dan kolom untuk memberi gambaran sebuah berkas data (kemudian tambahain sama Ibu Marliza karena kurang detail)
M: Tahap-tahap perancangan database apa saja?
G: Gue sebutin satu per satu
M: Jangan cuma di sebutin, jelasin apa saja
G: Akhirnya gue jelasin satu per satu
M: Nah, gitu kan enak jadi ada penambahan nilai di kamu yang awalnya Cuma 10 jadi bisa 30
G: Senyum
M: Basis data di kantor kamu pake apa?
G: Oracle bu
M: Berhubungan langsung dengan basis datanya?
G: Tidak bu, saya sebagai end user
M: Kalau ada basis data (digambar di kertas), coba kamu pisah-pisahkan dan sebutkan masing-masing namanya apa?
G: Gue jawab tapi ada beberapa poin yang salah dan akhirnya di tambahin dan di jelasin sama Ibu Marliza
M:Kamu belajar security?
G: Sedikit bu
M: Coba jelaskan
G: Gue jawab sesuai yang gue tau
M: *ditambahin dan di jelasin sama Ibu Marliza) Pemberian otorisasi? Kamu tau perintah yang digunakan untuk itu apa?
G: Tau bu, GRAND
M: Ya sudah, cukup dari saya

Dan yang terakhir Analisis & Perancangan Sistem Informasi oleh bapak Irwan Bastian, Skom, MM:

I: Bapak Irwan G: Gue

I: Analisis sitem itu apa?
G: Penguraian dari suatu sistem yang utuh kedalam bagian-bagian komponennya dengan maksud mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan dan kebutuhan sehingga dapat di usulkan perbaikan.
I: Tahap-tahap dalam analisis apa saja?
G: Identify, Understand, Analyze dan Report (kemudian gue jelasin satu per satu)
I: Apa aja yang di rancang dalam perancangan dan jelaskan?
G: Perancangan secara umum dan terinci pak, dan kemudian gw jelaskan
I:Bedanya apa?
G: Gue jawab lancar nih
I: Pada saat pengumpulan data yang di butuhkan, data itu berasal darimana saja?
G: Dokumen yang sudah ada, Obeservasi, Wawancara, Sampling (gw jelasin satu per satu)
I: Tahapan perancangan sistem apa saja?
G: Gue jawab lancar nih
I: Alat-alat yang digunakan apa?
G: HIPO, Flowchart, Structure chart, Diagram Warnier-Orr, Diagram Jackson (kemudian ditambahkan sama Bapak Irwan)
I: Tau SDLC?
G: Tau pak, kemudian gue sebutin dan jelasin
I: Tau topologi Jaringan?
G: Tau pak, contohnya BUS, Star, Ring (kemudian di tambahin sama Bapak Irwan)
I: Yang paling bagus yang mana?
G: BUS mungkin (jawabnya pelan… karena gue ga belajar yang ini)
I: Hmm… yang benar itu relative di sesuaikan dengan kebutuhan dll.
G: Ya sudah ndri, sudah selesai.

Kurang lebih pertanyaan dan jawaban yang gue dapat seperti diatas.

Kemudian gue pamitan, terimakasih Pak, Bu, senyum kemudian keluar ruangan. Sumpah!!! Rasanya sudah plong banget, yang awalnya serasa angkat beras sekarung sekarang sudah ga terasa lagi.

Kemudian saya shalat dan menunggu pengumuman kelulusan sidang jam 2. Dari pagi belum makan, tapi rasanya belum plong kalau belum tau pengumumannya.

Akhirnya jam 2 sudah tiba, dan nama saya pun di panggil di gelombang pertama. Gelombang pertama di bagi menjadi 3 group, sebelum di bacakan hasilnya dikasih pengarahan dll. Perasaan kayak di kocok-kocok, campur aduk, deg.deg.-an sudah kayak proses eliminasi di TV. Dan akhirnya, Alhamdulillah…. Gelombang pertama yang dibagi 3 kelompok pengumuman tersebut lulus semua dan serentak mengungkapan kesenangan dan saling bersalaman satu sama lain.

Puncaknya ada kata-kata “selamat buat kalian semua dan selamat bertemu di senayan tanggal 8 mei)
Setelah itu gelombang kedua di panggil ke atas, disini dibagi menjadi 4 group, ada 2 group yang lulus, ada 1 group yang lulus dan satu group lagi lulus bersyarat.

Setelah selesai gue pulang, mampir ke masjid Istiqal dan kemudian dilanjut pulang, sebelum sampai rumah beli makanan, sampe rumah mandi, makan, shalat magrib dan kemudian sudah bisa tidur nyenyak lagi. :D

Begitulah sedikit cerita tentang pengalaman gue mengenai sidang tanggal 29 Desember kemarin.


Gue ada beberapa tips bagi kawan-kawan yang juga akan menghadapi sidang.

  1. Banyak-banyak berdoa
  2. Perbanyak shalat malam
  3. Perbanyak shalat dhuha
  4. Perbanyak sedekah
  5. Belajar sesuai dengan materi yang ada di SAP
  6. Bagi yang sudah bekerja, pulang kerja istriahat dulu, belajarnya besok pagi saja pas sudah bangun (jam 3-4 pagi saat belum ada aktifitas)
  7. Kalau membaca jangan di hafal, kalau hafalan kamu akan mati saat panik
  8. Baca saja kayak kamu baca majalah sampai selesai, dengan sendirinya akan kamu ingat kalau kamu ngikuti alurnya
  9. Catat poin-poin penting pada setiap bab
  10. Kalau sudah sampai kampus waktunya penenangan otak. Ga usah belajar lagi.
  11. Ketika mau sidang, jangan terlalu panik. Tenangkan diri dengan banyak2 berdoa.
  12. Percaya diri. Beri keyakinan pada diri sendiri kalau akan bisa menjawab dengan lancar
  13. Kalau memberi jawaban jangan terlalu sama dengan buku, kembangkan sendiri ambil intiny
  14. Jangan pernah membantah/menyela dosen
  15. Jadinya suasana sidang seperti suasa diskusi
  16. Banyak-banyak senyum
  17. Kalau kamu sendirian, jangan malu untuk bergaul dan mencari teman disana, karena akan sangat berguna untuk saling bertukar informasi dan teman ngobrol

Bagi yang belum punya materi, gue punya materi dan sedikit ringkasan yang sudah gue buat, tapi jangan lupa tetap harus pelajari semua materi yang ada di buku, biar ngerti alurnya. Kalau ada yang mau silahkan di download. (materi)

8 comments:

  1. good posting ndrey..
    Selamat yahh... alhamdulillah.. finally!
    doakan sidang skripsi gw juga selancar lw nanti yaa.. AMIN YA RABB.. O:)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih kak sulimah. Amin YRA. Semoga nanti bisa wisuda bareng tanggal 8 Mei :)

    ReplyDelete
  3. kak mau nanya donk kak ? klo kompre itu buku nya sesuai referensi dosen atau kita sendiri cari sesuai SAP ?
    terus kakak kemarin belajar materi kompre pinjam buku di perpus atau beli sendiri ?

    ReplyDelete
  4. makasih share nya yaaaa
    its mean a lot

    ReplyDelete
  5. Kak, mau tanya, saya berencana ingin kuliah di gunadarma untuk kelas malam. Apakah sks nya sama banyak dengan sks yang kuliah pagi?? mohon jawabannya ya kak, thaks

    ReplyDelete
  6. Terima kasih banyak ya.. Berkat materi yg di share ini, gue kemaren tepatnya tgl 21 september 2013 dinyatakan lulus sidang S1.. :)

    ReplyDelete
  7. Makasi ya admin hehe materinya berguna banget, berkat materinya kemaren gue lulus Sidang Komprenya tanggal 5 Oktober 2013 👍

    ReplyDelete